5 Cara Mudah Bersihkan Mixer Agar Awet dan Tahan Lama



Namun, bagian-bagian rumit pada mixer yang sulit dibersihkan sering menjadi masalah. Mungkin anda juga mengalaminya? Jika tidak dibersihkan dengan benar, sisa bahan yang masih menempel dan mengering bisa meninggalkan bau, bakteri, meninggalkan karat, sehingga mixer menjadi tidak awet.

Agar awet dan tahan lama, mixer perlu dirawat dengan cara yang benar. Terapkan trik berikut ini supaya anda lebih cepat dan mudah dalam membersihkan mixer.


1. Cabut Kabel Listrik

Langkah pertama ini sangat penting namun sering dilupakan. Cabutlah kabel listrik sebelum membersihkan mixer. Saat mencabut, pastikan tangan anda kering. Sebab, air bisa menghantarkan listrik ke tangan anda. Jangan sampai tersetrum ya!

2. Pisahkan Antar Bagian Mixer dan Segera Cuci

Jangan abaikan mixer anda setelah digunakan. Semakin lama ditunda, maka sisa adonan akan mengeras dan sulit dibersihkan. Selain itu, mixer yang kotor bisa mengundang serangga dan kuman penyakit untuk bersarang.

Pisahkan mangkuk, pengocok, badan, dan leher mixer. Lalu, segera letakkan pengocok dalam mangkuk mixer. Lakukan dengan cepat agar adonan tidak menetes. Kemudian taruh ke tempat cuci piring.

3. Rendam dengan Air Panas dan Sabun

Isi mangkuk dengan air hangat yang sudah diberi sabun. Supaya kotoran cepat rontok, tambahkan ekstrak jeruk nipis. Tunggu sekitar 3 menit hingga kotoran meluruh.

Gunakan spon yang lembut untuk gosok permukaan mangkuk dan pengocok. Jangan gunakan spon kasar berkawat. Karena, benda keras bisa menggores permukaan mixer. Setelah itu, langsung keringkan dengan kain lembut dan disimpan.

4. Gunakan Sikat Gigi Bekas

Jika sisa adonan masih keras, pakai sikat gigi bekas untuk menggosok dan meluruhkan kotoran. Sikat gigi juga bisa bersihkan sela-sela pengocok dan bagian yang sulit dijangkau, lho!

5. Bersihkan dengan Kain Basah

Leher dan badan mixer memang terlihat bersih. Tapi, tetap saja ada cipratan kecil adonan yang mungkin menempel.

Cukup lap daerah badan, leher, bawah, dan sekitar tombol mixer dengan kain basah. Ingat, peras terlebih dulu kain agar air tidak menetes ke mesin mixer. Akan lebih baik jika menggunakan kain yang daya serapnya tinggi. Sehingga, mixer akan cepat kering.


Sumber:https://www.resepkoki.id/5-langkah-mudah-bersihkan-mixer-agar-awet/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mudah Bersihkan Mixer Agar Awet dan Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel