5 Cara Mudah Membersihkan Kulkas dengan Efektif


bersihkan kulkas setiap seminggu sekali. Hanya 30 menit dan tanpa repot, kulkas kembali jadi bersih, lho. Tentunya harus matikan dulu stop kontak kulkas. Agar hemat energi dan tidak tersetrum.

1. Siapkan Alat Kebersihan

Agar hemat waktu, pastikan alat yang dibutuhkan sudah disiapkan. Sehingga, tidak perlu cari-cari lagi  saat hendak digunakan.

Siapkan lap bersih (kain fiber lebih baik), lap basah, kantong plastik, air hangat, dan sabun pembersih.

2. Pindahkan Isi Kulkas

Pindahkan isi kulkas ke tempat yang bersih. Selain itu, buang makanan yang sudah busuk atau kadaluarsa. Sisihkan juga wadah makanan yang sekiranya kotor untuk dibersihkan. Tapi ingat, jangan biarkan makanan di luar kulkas lebih dari 4 jam ya!

3. Bersihkan Rak dan Laci

Setelah kulkas kosong, lepaskan rak dan laci kulkas. Hati-hati agar rak tidak tergelincir saat dilepaskan. Supaya tidak licin, anda bisa pakai sarung tangan karet.

Bila rak terbuat dari plastik, segera rendam dalam campuran air hangat dan sabun selama 3 menit. Kemudian, cuci rak tersebut lalu keringkan dengan lap bersih.

Jika rak berbahan kaca, tunggu rak hingga tidak terlalu dingin. Rak akan retak bila langsung direndam air hangat. Bila sudah dingin, baru cuci dan keringkan rak.

4. Bersihkan Bagian Dalam dan Luar Kulkas

Gunakan lap basah yang sudah diperas untuk bersihkan bagian dalam dan permukaan kulkas. Tujuannya, agar tetesan air tidak merusak mesin. Bersihkan juga sela-sela bagian yang tidak bisa dilepas. Tempat yang sulit dijangkau dan jarang dibersihkan bisa jadi sarang kuman.

5. Tata Kembali Isi Kulkas


Sebelum menata makanan, cuci dan keringkan dulu tangan anda. Selain itu, pastikan juga rak dan laci sudah kering sempurna. Kemudian, tata makanan sesuai jenisnya untuk menghindari kontaminasi silang.

Sumber:https://www.resepkoki.id/5-langkah-mudah-membersihkan-kulkas/

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mudah Membersihkan Kulkas dengan Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel