5 BAGIAN INI PENTING UNTUK DIBERSIHKAN SETIAP HARI AGAR DAPUR TETAP HIGIENIS


Dapur merupakan tempat untuk melakukan banyak sekali aktivitas, terkadang satu keluarga pun menggunakan dapurnya sebagai ruang makan. Oleh karena itu, dapur merupakan tempat yang paling mudah tercemar bakteri dan kuman. Apalagi jika kita jorok dalam penggunaannya tanpa pernah memperhatikan bagian apa saja yang harus selalu di bersihkan. Nah berikut ini adalah 5 bagian penting di dapur yang wajib untuk dibersihkan setiap hari: 
  
1. Kompor

Mengapa kompor wajib dibersihkan setiap hari? Karena kompor merupakan benda utama saat memasak, tentunya kita seringkali menumpahkan masakan saat sedang mengaduk-aduknya, belum lagi percikan-percikan minyak yang menempel pada kompor saat kita menggoreng. Hal ini jika dibiarkan begitu saja, maka akan menjadi tumpukan kotoran dan semakin sulit untuk dibersihkan. Selain itu, tumpukan kotoran juga dapat menimbulkan bakteri dan kuman penyebab penyakit. Oleh karena itu, kompor merupakan bagian penting di dapur yang wajib untuk dibersihkan setiap hari


2. Meja makan

Meja makan umumnya selalu kita bersihan setelah digunakan sehingga tetap terjaga kerapian dan kebersihannya. Jika ada tumpahan kopi/teh semudah mungkin bisa kita bersihkan. Meja makan selalu digunakan setiap hari, apabila meja makan dibiarkan begitu saja tanpa dibersihkan, biasanya akan menjadi lengket, kotor dan membuat nafsu makan menurun.

3. Lemari es

Kulkas atau lemari es adalah tempat penyimpanan berbagai bahan makanan, namun seringkali kita ketumpahan cairan, entah itu sirup, bumbu masak, dan lainnya sehingga kulkas menjadi sangat lembab dan berbau. Usahakan selalu membersihkan kulkas apabila terlihat genangan air maupun kotoran lainnya karena dapat menjadi sumber bakteri dan membuat kulkas mudah rusak. 

4. Alat memasak

Berbagai peralatan memasak seperti wajan, panci, blender dan spatula sebaiknya selalu dibersihkan setelah selesai menggunakannya. Hal ini bertujuan agar benda-benda tersebut tetap steril dan mencegah terjadinya karatan. 

5. Wastafel


Wastafel merupakan bagian yang paling kotor di rumah, sisa-sisa bekas makanan biasanya akan menumpuk di saluran air. Oleh karena itu, wastafel wajib dibersihkan setiap hari, karena dapat menyumbat aliran air. Gunakan juga sabun anti bakteri pada wastafel saat membersihkannya agar mencegah perkembangan kuman penyebab penyakit.

Sumber:https://www.kreasisasa.com/cookingnary/tips-dapur/5-bagian-ini-penting-untuk-dibersihkan-setiap-hari-agar-dapur-tetap-higienis

Belum ada Komentar untuk "5 BAGIAN INI PENTING UNTUK DIBERSIHKAN SETIAP HARI AGAR DAPUR TETAP HIGIENIS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel