Membuat Whipped Cream Ala Cafe Kini Tak Lagi Sulit


Bagi sebagian orang, whipped cream memang menjadi salah satu bahan pelengkap yang membuat hidangan menjadi lebih nikmat. Beberapa hidangan seperti cheese cake, mousse, dan minuman segar akan menjadi lebih menarik jika ditambahkan whipped cream di atasnya. Namun, beberapa whipped cream yang dijual di pasaran memiliki tekstur yang kasar dan rasa yang cenderung hambar.
Jika Anda ingin mendapatkan whipped cream yang lembut dan creamy, mengapa Anda tak coba membuatnya sendiri di rumah? Tak terlalu sulit, Anda bahkan hanya menggunakan bahan yang cukup sederhana, yakni hanya satu cup susu full cream. Lalu, bagaimana cara membuat whipped cream sendiri di rumah?

1. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan
Bahan yang Anda butuhkan untuk membuat whipped cream adalah susu full cream. Pastikan Anda memilih susu full cream yang memiliki kandungan lemak sekitar 30%. Jangan lupa juga untuk menggunakan susu full cream tersebut dalam keadaan dingin.

2. Aduk secara merata
Masukkan susu full cream ke dalam sebuah wadah atau mangkuk, lalu aduk selama kurang lebih satu menit hingga menimbulkan buih. Jika busa sudah terlihat jelas, aduk kembali krim dua sampai tiga menit hingga permukaan krim menebal. Setelah itu, tambahkan gula sesuai dengan selera Anda.

3. Tambahkan bahan pelengkap sesuai selera
Tahap selanjutnya adalah menambahkan sejumlah pelengkap untuk menghasilkan sensasi rasa yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa menambahkan sirup vanila klasik, ½ sdt ekstrak vanili, dan juga bisa bereksperimen dengan menambahkan rasa lain seperti, kayu manis, cokelat bubuk, lemon, fruit puree, atau bahkan rum.

4. Aduk hingga lembut
Setelah menambahkan bahan-bahan pelengkap, kini waktunya Anda mengaduk adonan hingga memiliki tekstur yang lembut dan menggumpal. Waktu yang ideal untuk mengaduk adonan adalah sekitar 3-4 menit.

5. Simpan lalu sajikan

Sebelum menggunakan whipped cream, sebaiknya sisihkan terlebih dahulu selama beberapa jam di dalam lemari es. Setelah itu, whipped cream dapat Anda gunakan sebagai topping cake atau dikonsumsi langsung dengan potongan buah-buahan segar.

Sumber:https://sukamasak.com/artikel-tips/2017/12/kenali-berbagai-jenis-kecap-dan-fungsinya-di-sini-yuk

Belum ada Komentar untuk "Membuat Whipped Cream Ala Cafe Kini Tak Lagi Sulit "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel