Pilihan Menu Praktis Saat Sahur dan Berbuka


Rasanya baru beberapa bulan yang lalu lebaran, ternyata sudah masuk bulan Ramadan lagi. Perasaan semacam ini mungkin lumrah dialami sebagian orang.Lantaran aktivitas yang cukup sibuk, tanpa sadar sudah jarang memikirkan pergantian waktu setiap hari. Oleh karena Ramadan sudah tiba, akan lebih baik bila disambut dengan meriah.

Seperti tradisi sebelum-sebelumnya, Ramadan bakal diramaikan dengan aktivitas berbuka dan sahur. Bisa jadi di awal-awal bulan Puasa, masih kurang bersemangat menjalaninya. Utamanya soal pemilihan menu makan yang kadang dirasa ribet sendiri. Supaya kegiatan berpuasa bisa lebih optimal, yuk tunjang dengan beragam menu praktis untuk buka dan sahur berikut ini.

Oatmeal
Rasa kantuk yang masih mendera, membuat aktivitas sahur menjadi kurang berselera. Sementara perut harus tetap terisi agar tidak sampai lapar. Pilihlah oatmeal sebagai hidangan praktis saat sahur. Makanan ini mengandung cukup serat yang bisa menahan rasa kenyang lebih lama. Campurkan dengan segelas susu yang sarat akan protein. Rasanya yang enak, juga bisa dijadikan alternatif menu berbuka puasa juga lho.

Apel
Ingin yang lebih praktis lagi? Buah apel bisa menjadi pilihan hidangan sahur dan berbuka berikutnya. Menurut Dr Debra Wein dari Huffington Post, apel mengandung serat dan air yang cukup tinggi. Konsumsi buah apel ukuran sedang dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi setiap orang yang sudah terbiasa menjalani diet sehat. Sebab, tak perlu memaksakan diri untuk memakan karbohidrat saat sahur maupun berbuka.

Telur
Tidak hanya menjadi makanan andalan saat sarapan, menu praktis ini juga bisa disajikan saat sahur maupun berbuka. Kandungan proteinnya yang tinggi, dapat menyumbang kebutuhan energi bagi tubuh selama puasa berlangsung. Bahkan, penelitian dari University of Missouri, Columbia, kandungan protein dalam telur dapat membuat kenyang lebih lama. Buatlah scrambled egg maupun omelet untuk hidangan berbuka, maupun disantap sebagai telur rebus saat sahur.

Alpukat

Menu praktis berikutnya yang bisa dinikmati saat sahur maupun berbuka adalah alpukat. Buah yang mengandung lemak bermanfaat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Alpukat juga mengandung serat yang cukup bagus, sehingga dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Bisa dimakan langsung maupun dikombinasikan dengan roti gandum saat sahur. Saat berbuka, smoothie alpukat layak untuk dicoba.

Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/pilihan-menu-praktis-saat-sahur-dan-berbuka.html

Belum ada Komentar untuk "Pilihan Menu Praktis Saat Sahur dan Berbuka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel