Tips Sayur Tetap Segar Dalam Kulkas


Sayur yang segar diyakini masih mengandung nutrisi yang utuh dan rasanya pun jauh lebih enak saat dimasak dibandingkan dengan sayur yang sudah layu. Salah satu cara untuk menjaga kesegaran sayur yaitu dengan menyimpannya ke dalam kulkas. Akan tetapi, agar kesegaran sayur bisa bertahan lama, cara menyimpannya pun tak boleh sembarangan.

Berikut ini beberapa tips menyimpan sayur untuk menjaga kesegarannya di kulkas Anda:

1. Segera seleksi sayuran sepulang dari pasar atau mini market. Buang bagian sayuran yang memar atau rusak. Jika tetap mempertahankannya, maka kerusakan sayuran tersebut akan menjalar ke bagian lainnya dan menyebabkan sayuran lekas busuk.

2. Untuk sayuran yang belum dicuci, pisahkan daunnya dan bilas beberapa kali dengan air dingin dengan menambahkan sedikit cuka atau jus lemon untuk menambah kerenyahan. Kibaskan air pada daun, dan jika tak langsung menggunakannya,  keringkan sayur dengan tissue. Lalu bungkus dan simpan daun di kantong plastik berlubang yang bersih dan taruh di rak kulkas.

3. Jika Anda membawa pulang sayuran yang basah, keringkan terlebih dulu dengan tissue sebelum membungkusnya dengan kantong plastik. Simpahlah di bagian kulkas yang lebih lapang (bukan di dalam chiller), mudah terlihat, dan tidak saling berhimpitan dengan sayuran lain agar tidak cepat busuk

4. Buah dan sayuran tidak boleh berada di rak yang sama. Hal ini disebabkan oleh gas alami etilen yang dikeluarkan oleh buah-buahan, terutama apel yang bisa menyebabkan pembusukan lebih cepat di dalam kulkas. Jadi setelah memasukkan sayur dalam kantong plastik berlubang, tempatkan ia di rak paling bawah kulkas yang biasanya lebih tinggi dan ada penutupnya.

5. Simpan sayuran agak renggang. Jika batang sayuran diikat, lepaskan terlebih dahulu pengikatnya dan renggangkan, baru kemudian disimpan dalam plastik di kulkas. Sayuran akan lebih cepat busuk jika daun saling tindih dan menggerombol.

6. Sebaiknya simpan brokoli, bunga kol dan kubis lengkap dengan daunnya untuk melindungi sayuran tersebut dari udara di sekelilingnya. Namun jika Anda sudah terlanjur mendapatkan yang tak berdaun, masukkan sayuran tersebut ke dalam plastik kedap udara sebelum menyimpannya dalam kulkas.



Sumber:https://citarasaindonesia.co.id/artikel/tips-sayur-tetap-segar-dalam-kulkas.html

Belum ada Komentar untuk "Tips Sayur Tetap Segar Dalam Kulkas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel