Aneka Jenis Sayur Gurih Pendamping Ketupat & Lontong


cek inspirasi sayur gurih pendamping menu Lebaran berikut!

1. Sayur labu siam

Wah, sayur yang satu ini paling populer, nih. Biasanya labu siam ditumis dengan buncis, tempe, irisan cabai, dan tak lupa kuah santan yang ringan dan pedas! Kalau ketupat/lontong ketemu tumisan ini, jadinya adalah lontong atau tupat sayur yang biasa anda santap untuk sarapan. Namun bagi sebagian masyarakat, salah satunya Betawi, sayur labu siam adalah menu wajib Lebaran. Hidangan sayur labu siam khas Betawi lebih dikenal dengan nama sayur godog.

2. Sayur pepaya muda


Penampilan sayur yang satu ini mirip dengan labu siam. Pasalnya, pepaya muda sering diparut atau dipotong korek juga. Rasanya pun tak jauh beda, hanya saja pepaya muda bertekstur lebih renyah. Sama seperti labu siam, pepaya muda juga diolah menjadi lontong atau tupat sayur. Buah yang masih agak mentah ini juga ditumis bersama buncis, tempe, dan kuah santan yang pastinya membuat gurih. Sedap!

3. Sayur atau gulai nangka



Nangka juga tak kalah dari dua sayur di atas, lho. Kalau biasanya lontong atau ketupat sayur identik dengan labu siam atau pepaya muda, di Padang terkenal dengan lontong/tupat sayur yang pakai nangka muda. Cara masaknya sama dengan lontong sayur pada umumnya, yakni ditumis dengan aneka bumbu, potongan daging, disiram kuah santan yang lebih kental, plus disajikan dengan kerupuk merah muda renyah. Hmm, enak banget ya pastinya. Selain ditumis nangka juga biasa digulai, nih. Pas sekali bagi anda yang suka rasa rempah kuat.

4. Sayur lodeh

Mau Lebaran atau tidak, hidangan sayur yang satu ini kerap kita temui sehari-hari. Namun ketika memasuki hari yang fitri, sayur lodeh jadi terasa istimewa bersama ketupat atau lontong. Sayur lodeh terdiri dari jipang (labu siam), buncis, melinjo, jagung manis, dan terong jika suka. Kuah sayur lodeh yang bersantan terasa gurih di mulut, belum lagi ditambah irisan cabe merah. Biasanya khusus untuk Lebaran, sayur lodeh ditambahkan telur puyuh atau jenis protein lain agar semakin istimewa.

Sumber:https://resepkoki.id/aneka-sayur-gurih-pendamping-ketupat-lontong/

Belum ada Komentar untuk "Aneka Jenis Sayur Gurih Pendamping Ketupat & Lontong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel