Tips Menyimpan daging yang benar agar awet dan tahan lama

Berikut ini Tips dari di bawah ini:

1. Jangan dicuci. 


Langkah pertama yang perlu kamu ketahui adalah, daging yang akan kamu simpan di dalam kulkas, jangan dicuci. Pasalnya daging yang dicuci malah mungkin tercemar bakteri bila tidak segera diolah.

2. Potong sesuai standar konsumsi keluarga.



Orang sering lupa untuk membersihkan tangannya sebelum memotong daging. Padahal ini merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar tidak ada bakteri yang menempel di daging. Tak hanya itu saja, kamu juga perlu menggunakan pisau bersih untuk memotong daging sesuai kebutuhan konsumsi keluarga.

"Jika dalam sehari rata-rata mampu mengonsumsi sekitar 300 gram daging, maka daging kurban perlu dipotong tiap 300 gram," kata Sugeng.

3. Simpan di wadah makanan.


Setiap potongan daging ditempatkan di tempat yang berbeda. Pilih tempat penyimpanan yakni wadah makanan yang sudah tersertifikasi keamanannya.

"Jika daging disimpan dalam potongan besar dan tiap akan dimasak harus dicairkan untuk dipotong dan sisanya dibekukan kembali, maka kualitas daging akan menurun. Lebih baik dipotong sesuai standar konsumsi saja," katanya Sugeng.

Menurut Sugeng, daging yang disimpan dengan baik di lemari es, mampu bertahan cukup lama, yakni sekitar satu tahun. Terkadang saat daging kurban dipotong tidak dialasi, sehingga tanah atau pasir menempel. Jika Anda mendapatkan daging seperti ini sebaiknya langsung dimasak.

"Terkadang, ada saja daging yang kotor karena terkena debu atau pasir saat dipotong. Jika kondisinya seperti itu, maka lebih baik langsung diolah saja," kata Sugeng.


Penting bagi masjid mengetahui tata cara penyembelihan dan pemotongan hewan kurban yang baik dengan memperhatikan higienitas dan sanitasi lingkungan.

Selamat Mencoba

Sumber:https://brilicious.brilio.net/masak-yuk/cara-menyimpan-daging-yang-benar-agar-awet-dan-tahan-lama-190812r.html

Belum ada Komentar untuk "Tips Menyimpan daging yang benar agar awet dan tahan lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel